Kayuagung-Dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Aula Kantor Kecamatan Cengal, pada senin (12/1) lalu. Msyarakat melalui Kepala Desa (Kades) mereka tetap megusulkan agar infrastruktur jalan dan jembatan menjadi prioritas dalam pembangunan untuk masyarakat banyak terutama Cengal.

Kepala Bappeda OKI, Makruf CM SIP MM, melalui Sekretaris Ir Erwin Agusdy MP Mengungkapkan, bahwa dalam musrenbang tersebut yang dihadiri oleh Camat Cenal, Rosihan Anwar,

unsur UPTD, para kades, tokoh masyarakat, tokoh organisasi, kapolsek, dan tak lupa anggota DPRD Kabupaten OKI Abdiyanto (Partai PDIP), H Subhan Ismail (Partai Nasdem), Nanda (Partai Gerindra), dan Defit (Partai Hanura). Cukup banyak usulan dari masyarakat untuk pemerintah tetapi tetap yang menjadi prioritas adalah infrastruktur jalan dan jembatan.

Adapaun  yang diusulkan untuk jembatan meliputi jembatan Sungai Pasir dan Sungai Somor. Lalu untuk pembangunan jalan mulai dari Cengal-Talang Rimba hingga ke Simpang Tiga. Termasuk juga jalan yang menghubungkan menuju Tulung Selapan. Ruas Jalan itu dilakukan penimbunan dan pengerasan. Serta adanya dibangunkan 2 jembatan.

“Nah untuk penimbunan jalan juga diharapkan pada jalan di Desa Lebak Beriang. Kemudian adanya pembangunan jalan cor bertiang di Desa Pantai Harapan, Desa Adil Makmur dan Desa Sungai Lumpur. Termasuk juga peningkatan jalan di Desa Ulak Kedondong dan Desa Ulak Jeruju,” ujarnya.

Dikatakan , masyarakat juga menginginkan adanya pembangunan jalan dusun di Desa Talang Petai, Ulak Kedondong menuju Desa Adil Makmur, Pantai Harapan dan Desa Sungai Lumpur. Selain infrastruktur jalan dan jembatan, usulan dari masyarakat Kecamatan Cengal adalah pembangunan Sekolah setingkat SMA/SMK di daerah Pantai. Pembangunan gedung PAUD di Desa Ulak Kedondong, Palimbangan, Sungai Ketupak, Sungai Somor, Kuala Sungai Jeruju, Parit Raya dan Desa Kebon Cabe.

Kemudian lanjut Erwin, agar dilaksanakannya rehab sekolah tingkat SD di 21 sekolah termasuk didalamnya penambahan ruang kelas baru (RKB) di 12 sekolah yang tersebar. Nah untuk sekolah tingkat SMP agar ada bantuan penambahan mobile tepatnya di SMP N 2. Untuk bidang pertanian, masyarakat mengusulkan adanya lahan sawah. Yakni untuk Desa Sungai Jeruju seluas 500 hektar, ulak kedondong seluas 50 hektar dan Desa Pelimbangan seluas 200 hektar.

“Masyarakat dalam bidang pertanian meminta bantuan berupa pompa air, hand traktor, sarana produksi padi. Kemudian adanya jalan usaha tani dan tata air mikro. Terakhir usulan masyarakat Cengal kepada pemerintah adalah penyediaaan alat kontrasepsi serta penyediaan tenaga PPL KB,” ungkapnya.

Tak lupa Erwin menyampaikan sambutan Bupati OKI Iskandar SE, bahwa kegiatan musrenbang Kecamatan merupakan suatu rangkaian proses perencanaan yang komprehensif yang diatur dalam peraturan Perundang-undangan. Lalu rangkain itu dimulai dari musrenbang Desa sampai dengan Musrenbang Nasional, sehingga berarti sebelum dilaksanakannya Musrenbang Kecamatan terlebih dahulu diadakan Musrenbang Desa.

“Untuk perencanaan sangat diperlukan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat mengingat keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya ALam (SDA) dan Sumber Pendanaan. Sementara masih banyaknya permasalahan yang harus ditangani yakni seperti infrastruktur jalan, jembatan, air bersih, listrik, pelayanan pendidikan, kesehatan serta angka kemiskinan dan pengangguran yang tinggi, “ terangnya.

Ditambahkan, maka dengan adanya Musrenbang ini program kegiatan yang diusulkan baik melalui APBD, APBD Provinsi dan maupun APBN harus diprioritaskan untuk menjawab permasalahan tersebut sekaligus penurunan angka kemiskinan. Guna mendukung pembangunan itu dimulai dari desa agar diprioritaskan pembangunan seperti pembangunan PAUD dengan tujuan agar pembentukan karakter bangsa sejak dini.