Kayuagung-Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) untuk tahun ini telah dilaksanakan termasuk Kecamatan Lempuing, dimana pelaksanaannya pada Rabu (7/1) dihadiri langsung oleh Kepala Bappeda OKI, Makruf CM SIP MM yang meawakili Bupati Iskandar SE.

Dalam pelaksanaannya Musrenbang tersebut yang dihadiri oleh tim peninjau dari Bappeda sendiri, unsur Kecamatan Lempuing, Kepala UPTD Pertanian, para Kepala Desa (Kades), anggota DPRD Dapil IV yakni Suwarsono (Partai PKB),

H Agustam (Partai Nasdem), Drs Kamaludin (Partai Hanura) dan Wayan Sude (Partai Demokrat). Tak lupa, juga dihadiri Sekretaris PKK, UPTD Peternakan, Kaur, Kepala BPD serta dari PT Wilmar.

Bupati OKI Iskandar SE disampaikan kepala Bappeda, Makruf CM SIP MM, bahwa kegiatan Musrenbang Kecamatan merupakan suatu rangkaian proses perencanaan yang koprehensif yang diatur dalam Peraturan Perundang-undangan. Lalu rangkaian itu dimulai dari Musrenbang Desa sampai dengan Musrenbang Nasiaonal. Sehingga  berarti sebelum dilaksanakannya Musrenbang kecamatan terlebih dahulu diadakan Musrenbang Desa.

“Untuk perencanaan sangat diperlukan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat mengingat keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDA) dan SUmber Pendanaan. Sementara masih banyaknya permasalahan yang harus ditangani yakni seperti infrastruktur jalan, jembatan, air bersih, listrik, layanan pendidikan, kesehatan serta angka kemiskinan dan pengangguran yang tinggi,” ungkap Makruf.

Dikatakan, untuk  kegiatan tersebut cukup banyak usulan dari masyarakat yang disampaikan diantaranya masyarakat sangat menginginkan pembangunan stadion mini atau stadion olahraga berada di Desa Tugu Mulyo. Dengan alasan stadion olahraga dapat mempersatukan masyarakat baik orang muda, dewasa atau orang tua. Dengan begitu bagi masyarakat disana dapat mempererat rasa persatuan dan persaudaraan.

Selain itu, para kades juga menyampaikan agar adanya pembangunan Jembatan Gedung di Desa Cahaya Makmur. Juga menginginkan adanya pembangunan Balai benih padi atau tempat produksi benih padi. Adanya pembangunan kantor keluarga berencana bagi masyarakat tepatnya di desa Cahaya Maju. Selanjutnya agar adanya normalisasi aliran sungai di Desa Bumi Agung.

Lanjut Makruf, maka dengan adanya musrenbang ini program kegiatan yang akan diusulkan baik melalui APBD, APBD Provinsi dan maupun APBN harus diperioritaskan untuk menjawab permasalahan tersebut sekaligus penurunan angka kemiskinan. Guna mendukung pembangunan itu dimulai dari Desa agar diperioritaskan pembangunan seperti pembangunan PAUD dengan tujuan agar pembentukan karakter bangsa sejak dini.

Lalu juga adanya pembangunan Poskesdes dengan tujuan untuk penurunan angka kematian ibu dan kematian bayi dan pembentukan Kopersi dengan tujuan peningkatan ekonomi kerakyatan serta program Kedaulatan Pangan melalui Eksentifikasi dan Intensifikasi pertanian khusunya padi. Serta pembangunan jalan/jembatan poros Desa yang menghubungkan desa dengan desa dalam kecamatan dan jalan desa yang menghubungkan desa dengan luar kecamatan.

Ditambahkannya dalam sambutan, bahwa usulan program kegiatan kecamatan ini akan dibahas dalam forum SKPD didalam Musrenbang Kabupaten dengan maksud untuk disinkronisasikan dan di harmonisasikan denga  program prioritas SKPD dan pokok-pokok pikiran anggota DPRD Kabupaten OKI, adapun program prioritas kegiatan yang diusulkan untuk tahun 2016 nanti