Dengan lelah dilaksanakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di sejumlah Kecamatan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sejak awal tahun ini. Setiap kegiatan Musrenbang tersebut di Kecamatan rata-rata masyarakat mengusulkan agar infrastruktur jalan menjadi prioritas dalam pembangunan.

Usulan pembangunan jalan termasuk pengerasan jalan menjadi prioritas juga terungkap dalam kegiatan Musrenbang di Kecamatan Mesuji pada Rabu (7/1) lalu di aula kantor tersebut yang dihadiri oleh sejumlah peserta dan tamu undangan

termasuk juga anggota DPRD OKI yang hadir yaitu Jauhari partai PKS dan H Jakfar Sodik dari partai Golkar dan Meri dari PKB.

Kepala Bappeda OKI, Makruf,SIP.,MM melalui Kabid Fisik dan Prasarana Drs. Fatkhturahman,MTP menjelaskan, bahwa usulan dari masyarakat tersebut diungkapkan oleh para Kades yang hadir. Dalam kegiatan itu juga dihadiri oleh sejumlah UPTD, Kapolsek, Danramil, Tokoh masyarakat dan Camat Mesuji Mukhlis. Usulan masyarakat agar dilakukannya pengerasan jalan disejumlah desa, dengan alasan jalan-jalan yang diusulkan merupakan jalan penghubung antar desa.

“Untuk jalan yang diusulkan pengerasan itu meliputi jalan desa Pematang Panggang, Pagar Dewa, Sungai Sodong, Surya Adi, Sumber Deras, Kembang Jajar, Pematang Bersih, Kerta Baru, Makarti Mulya, Jaya Bakti, Sido Basuki, Margo Bakti, Suka Mukti dan jalan di Desa Karya Mukti,” kata fatkhturahman.

Selain itu juga, masyarakat mengusulkan rehap gedung sekolah SD sebanyak 16 lokal di 7 Desa yaitu diantaranya di desa Pagar Dewa dan Kota Baru. Juga menginginkan rehap ruangan SMP. Lalu terpenting adalah adanya pembangunan gedung PAUD di 13 desa yang tersebar diantaranya Pagar Dewa, Sungai Sodong dan Pematang Kasih.

Lalu, lanjut Fatkhturahman agar dilakukan rehap poskesdes di 5 lokasi atau desa diantaranya Desa Makarti Mulya. Sedangkan untuk pembangunan poskesdes juga diusulkan yaitu di 8 desa diantaranya Margo Bakti, Mekar Wangi dan lainnya yang tersebar. Selain itu masih banyak usulan yang disampaikan oleh masyarakat oleh para kades mereka dengan harapan disetujui dan dilaksanakan.

Fatkhturahman juga membacakan sambutan Bupati, RKPD sebagai penjabaran rencana pembangunan jangka panjang menengah daerah (RPJMD), harus melalui proses pada setiap tingkatan pemerintahan dan harus melibatkan komponen masyarakat (stakeholder). Sehingga aspirasi mastyarakat dapat diakomodir dalam perencanaan pembangunan.

“Dengan berbagai permasalahan yang belum diselesaikan dan memiliki dampak jangka panjang, maka harus dicermati secara cerdas dan diakomodir dalam penyusunan RKPD OKI tahun 2016 karena akan berimplikasi pada kesejahteraan masyarakat. Implikasi pada kesejahteraan masyarakat antara lain adalah masih tingginya jumlah penduduk miskin mencapai 109.800 jiwa atau 14,53 persen,” terangnya.

Nah, sambung dia untuk usulan masyarakat dibidang ketahanan pangan adalah penyediaan bibit ikan di 11 desa diantaranya adalah desa Suka Mukti, Kemang Jajar, Cahaya Bakti, Mekar Wangi, dan Pematang Panggang. Lalu juga penyediaan bibit padi dan jagung juga bibit sawit dan karet untuk di 6 desa.

Ditambahkan, juga usulan penyediaan bibit ternak berupa sapi dan kambing di 9 desa diantaranya adalah desa Surya Adi, Karya Mukti, dan Margo Bakti. Lalu agar adanya penanggulangan kemiskinan yaitu berupa rehap rumah di 15 desa diantaranya Karya Mukti, Suka Mulya, Kali Deras dan Pagar Dewa.